SEBERKAS CAHAYA

 

SEBERKAS CAHAYA

Oleh : Chandra

 Assalamualaikum Wr.Wb para pembaca yg Bahagia pertama-tama Saya ingin memperkenalkan diri Terlebih dahulu Nama saya Febrian Chandra Sutedjo kelahiran 27 Febuari 2005 asal Karawang Jawa Barat anak bungsu dari 2 bersaudara saya ingin menceritakan tentang kisah hidup saya sebelum dan sesudah masuk SMK ADA

Pada awal mula masuk SMP saya masih malu-malu karena bertemu dengan teman baru, dari situ saya susah untuk menyesuaikan diri karena adanya perbedaan Bahasa karena sewaktu masih SD menggunakan Bahasa Indonesia lalu di SMP menggunakan Bahasa sunda untungnya sewaktu di SMP ada teman sekampung denganku dia yg mengajariku Bahasa sunda,dari situ saya mulai bisa berbahasa sunda walaupun masih sedikit gelagapan tetapi dengan begitu teman-temanku paham apa yang saya bicarakan, Setiap pulang sekolah saya selalu di jemput oleh orangtua karena pada waktu itu tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor jadi Sebagian siswa ada yang menggunakan Sepeda, Ojek, Dan dijemput oleh orangtuanya.

Sebenarnya sebelum di daftarkan di MTS AL-I’ ANAH Karawang orangtua ku sudah menawarkan untuk mondok dan jauh dari orangtua, Saya pertama ragu-ragu untuk memilih, Dalam hati kecil saya ada rasa untuk mondok tetapi saya waktu itu lebih memilih bersekolah dan pada akhiranya saya di daftarkan di MTS AL-I’ANAH Karawang agar saya punya ijazah sebagai kenangan.

Semasa di SMP kegiatan keseharianku adalah seperti anak SMP pada umumnya, Bangun pagi tanpa sholat subuh walaupun sudah di bangun kan oleh ibuku yang selalu sabar dengan sifatku, Lalu mandi dan persiapan berangkat ke sekolah, Terkadang berangkat dengan jalan kaki melewati persawahan yang sangat luas, ataupun menggunakan kendaraan bermotor, Aku biasa berangkat Bersama teman-temanku, Kami biasa bercerita saat perjalanan ke sekolah dan Ketika saat sudah sampai di sekolah tempat pertamakali yang sering kami kunjungi adalah kantin.

Kemudian saat bel berbunyi kami masuk ke kelas masing-masing, Kami berbaris rapi lalu masuk ke kelas untuk memulai pelajaran, Ya begitulah kehidupan pelajar tidak pernah brubah selalu terpaut dengan dunia walaupun berbasis agama dan sayangnya kehidupanku ini tidak dekat dengan agama.

Sewaktu kelas 2 SMP aku sering berkumpul Bersama teman-teman, Terkadang Ketika waktu ingin berkumpul Bersama teman-teman orangtua melarang saya untuk tidak keluar rumah alasannya karena sudah sering keluar malam, Padahal waktu itu baru sekitar pukul jam 7 sore dengan begitu saya tetap ingin keluar rumah dan pada akhirnya pun saya diizinkan keluar rumah tetapi ddengan syarat jangan pulang terlalu malam, Aku berkumpul dengan teman-teman hingga larut malam waktu itu aku lupa untuk melihat jam tidak terasa waktu sudah pukul jam 12 malam, Pada akhirnya aku memutuskan untuk pulang sewaktu akan pulang saya di antarkan oleh teman saya sampai di depan gang karena kenalpot motornya sangat berisik jadi di takutkan mengganggu tetangga rumah, Lalu aku melanjutkannya dengan berjalan kaki lalu sesampainya di rumah saya  kebingungan  karena pintu rumah sudah terkunci rapat lalu aku duduk termenung memikirkan cara untuk masuk kedalam dan pada akhirnya ada sebuah ide yang terlintas di pikiranku yaitu dengan menelpon kakak ku untungnya pada saat itu kakaku belum tidur pada akhirnya aku di bukakan pintu oleh kakakku, Pada keesokan harinya aku pun dimarahi orangtuaku diancam untuk tidur di depan teras akan tetapi dengan kasih sayang yang begitu tulus  aku pun masih diizinkan tidur di dalam rumah.

Ketika lulus SMP, datanglah berbagai masalah di hidupku, mau lanjut kemanakah aku setelah lulus SMP, Banyak dari temanku melanjutkannya di sekolah TEXAR Karawang di saat masa-masa bingung itu, Allah SWT membukakan pintu hidayah, Ia datangkan kepada ayahku, beliau mengajaku untuk bersekolah di menengah kejuruan AL-QUR’AN dan dakwah alam (SMK ADA) secang magelang, Pada awalnya aku menolak untuk sekolah disana karena akan jauh dari orangtua akan tetapi Allah SWT berhendak lain Allah SWT membukakan pintu hatiku untuk menerima tawaran dari ayahku untuk menuntut ilmu di sekolah menengah kejuruan AL-QUR’AN dan dakwah alam (SMK ADA) secang magelang, Orangtuaku sangat mendukungku jika aku bersekolah disana meskipun orangtua melepaskanku dengan deraian air mata.

Pertamakali aku sampai di SMK ADA aku disambut oleh pak puji, Lalu pak puji mengantarkanku sampai di kantor lalu aku di daftarkan disana aku diantarkan oleh Ust.zakaria ke asrama aku disuruh berkenalan dengan siswa lainnya, Lalu aku pertamakali berkenalan dengan Hakim untunya dia masih 1 Provinsi denganku karena kebanyakan siswa lainnya berasal dari luar pulau jawa, Aku baru tahu kalu SMK Ini siswanya berasal dari berbagaia daerah sehingga aku mendengar bermacam-macam Bahasa daerah, Pada waktu itu aku terkena demam karena belum terbiasa dengan cuaca yang sangat dingin berbeda dengan tempat tinggalku yang lebih cendrung panas, Lalu aku berkumpul di suatu ruangan dan duduk sesuai dengan kelompok dan di suruh mengaji pada waktu itu aku mengeluarkan air mata karena teringat dengan orangtua yang selalu menemaniku dengan penuh kasih sayang.

Setelah beberapa hari, Kelas pun di bagi dan akupun masuk ke kelas 10B, Saat itu aku disuruh memperlancarkan bacaanku karena bacaanku masih banyak yang salah akan tetapi Allah SWT masih memberikanku pertolongan ia datangkan kepadaku Ust.zakariya lampung, Beliau dengan sabar mengajariku ilmu tajwid yang mana ilmu tajwid ini merupakan ilmu yang mempelajari tata cara membaca AL-QUR’AN dengan baik dan benar, Yang membuatku merasa lebih bersemangat, Aku memperbaiki bacaanku selama hampir 1 Tahun lalu pada akhirnya aku dinyatakan lulus dan diizinkan menghafal, Alhamdulillah selama di SMK ilmu agama saya bertambah, Dari mulai adab-adab keseharian, amalan-amalan sunah dan memperoleh hafalan 7 Juz aku pun tidak menyangka aku bisa seperti ini.

Pengalaman pertama saya mengikuti bimbingan karakter spiritual moivation learning selama 40 hari, Di situlah ada bermacam watak dan karakter orang, Ada yang muda dan ada juga yang tua mereka semua berkumpul tinggal pembagian kelompok, Alhamdulillah saya mendapat kelompok teman satu kelas, Rute kami waktu itu ke solo dan pada saat itu pun sedang panas-panasnya tentang corona, Spiritual moivation learning selama 40 hari berlalu aku merasa sangat berbeda, Setelah aku mengikuti spiritual moivation learning selama 40 hari aku bisa berbaur dengan warga tempatan dengan baik, Mengamalkan agama dengan sempurna dan lebih dekat kepada Allah SWT, Hari-hari berlalu dengan seru dan Bahagia.

Sehabis spiritual moivation learning selama 40 hari aku dan teman-teman Kembali ke sekolah menengah kejuruan AL-QUR’AN dan dakwah alam (SMK ADA) secang magelang seorang ustad menyuruh kami berkumpul untuk menceritakan pengalaman kami selama spiritual moivation learning selama 40 hari bimbingan karakter aku merasa sangat senang karena selain mendapat pelajaran formal aku juga bisa menghafal AL-QUR’AN di sini, Serta bisa mendakwahkan agama dengan bimbingan karakter di sini aku mempelajari banyak hal, Mulai dari baca AL-QUR’AN, Ilmu akhlak, Ilmu fiqih, Dan ilmu agama lainnya, Dan di sekolah menengah kejuruan AL-QUR’AN dan dakwah alam (SMK ADA) secang magelang juga di ajarkan bela diri dengan mengikuti ekstrakurikuler PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), Dan pengalaman ku mengikuti ekstrakurikuler PSHT sangat menyenangkan karena banyak dari teman saya yang mengikuti ekstrakulikuler tersebut, Dan masih banyak lagi yang tidak mungkin kusebutkan, Walaupun pada awalnya masih sangat ragu namun pada akhirnya aku paham, Karena keputusan Allah adalah yang terbaik.

Aku sangat bersyukur kepada Allah SWT karena telah mengantarkanku ke sekolah menengah kejuruan AL-QUR’AN dan dakwah alam (SMK ADA) secang magelang, Walaupun harus banyak ari mata yang kukeluarkan tetapi aku telah mendapatkan apa yang aku inginkan terimakasih ustad-ustad SMK ADA yang telah mengajarkanku dari kelas 10 hingga sampai kelas 12 semoga seluruh kebaikannya di balas oleh Allah SWT dengan nikmatnya yang banyak, Dan terimakasih untuk orangtua saya yang selalu mendukung dan memberi motivasi dengan penuh kasih sayang, Dan salam dari saya terimakasih telah membaca kisah hidup saya semoga di beri Kesehatan dan dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT Aamin Ya Rabbal Alamin.

 

Posting Komentar

Copyright © SMK ADA. Designed by OddThemes