CATATAN AKHIR SEKOLAH

 


CATATAN AKHIR SEKOLAH

Karya: syafrizal arrasyid

Sebelum saya  menceritakan kisah tentang kehidupan saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu.

Perkenalakan nama saya syafrizal arrasyid  biasa sering di panggil rizal oleh teman-teman,  saya lahir di DKI Jakarta khususnya bagian kota Jakarta selatan dan hidup bersama keluarga yang harmonis dan sederhana dengan penuh makna dan cerita.

Semasa kecil saya pernah saya pernah bersekolah di SDN 05 PAGI gandaria utara Jakarta selatan selama 3 tahun dari kelas 1-3 SD dengan diwarnai arus kehidupan perkotaan dan juga pergaulan dalam kota semasa itu saya sering sekali bermain ke mall dengan teman-teman untuk bermain time zone dan jalan2 di sekitar mall melihat- lihat berbagai macam wahana permainan dan atraksi pertunjukkan serta jajanan di mall itu.

Begitu asyik nya kami di situ Canda tawa yang kami lakukan sampai tidak ingat waktu sehingga orang tua saya sering khawatir terhadap diri saya juga  yang masih kecil dan semenjak itu  aku di ajak atau ditawari oleh orang tua ku untuk pindah ke jawa saja akhirnya aku pun menerima ajakan orang tua ku tersebut.

Dan dikala itu aku pun pindah ke jawa tengah untuk melanjutkan study ku tepat nya di kabupaten purworejo dan di situlah lah saya mulai mencari sekolah dan tempat tinggal yang baru kami tinggal di pedesaan sesudah itu aku pun melanjutkan study ku di sekolah yg baru lagi y aitu SDN SUKOMANAH, kec.purwodadi,kab purworejo,dari kelas 4-6 SD karena saya murid pindahan dari kota jadinya saya tidak mengerti bahasa jawa hehehe.- mulai dari situ lah saya mulai belajar beraneka ragam bahasa, tata karama dan juga mulai menikmati kehidupan pedesaan yang asri.

Pengalaman yang tak pernah terlupakan ketika menjadi anak murid baru di jawa saya kaget dengan ulangan bahasa jawa dan mau gak mau saya mengisinya dengan sebisa nya.

Akhirnya waktu kelulusan pun tiba sehabis itu akun melanjutkan jenjang Pendidikan ku ke  SMP NEGERI tetapi orang tua ku menyuruhku mondok sambil bersekolah akhirnya aku dan orang tua ku mencarikan ku sekolah eh….ternyata SMP ku tidak jauh dari pondok dan SD ku yang di jawa pada waktu itu aku bersekolah di SMP VIP ASYAFI,IYYAH dan nyantri di pondok tahfidzul quran dari iqro sampai al-qur,an beserta pelajaran pada umumnya.

Di selingi dengan Pendidikan formal di SMP saya pun mulai belajar mengatur waktu ,membagi jam formal dengan mengaji,muali dari jam 07.00-15.00 waktu di sekolah dan sisanya ku habiskan untuk di pondok seiring jalan nya waktu sampai pada tahun 2019 datang wabah penyakit yang disebut covid_19 atau virus corona dan di situ juga saya mulai bingung karena banyak sekolah yang di liburkan oleh pemerintah

Padahal waktu itu hampir tiba waktu keluliusan belajar saya dan persiapan untuk ujian UNBK ( ujian nasioanal berbasis computer ) sudah di lakukan simulasi dan juga les atau belajar tambahan dan sudah siap untuk UNBK dan kala itu hilang lah semangat belajar dan sekolah serta pondok ku di liburkan ,jadi nya saya adalah angkatan corona yang tanpa wisuda ,belajar seadanya melalui daring di hanphone samapai hari kelulusan.

Bersamaan denagan adanya wabah yang masih buming di dunia saya mencari sekolah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya setelah SMP.

Aku pun banyak meperoleh tawaran guru SMP ku dan teman-teman untuk sekolah di MAN PURWOREJO tetapi paman ku seketika itu menawarkanku untuk bersekolah di magelang yaitu SMK ADA ( sekolah menengah kejuruan al-qur,an dan dakwah alam ) secang,magelang kemudian aku dan orang tua ku menyetujui tawaran pamanku seketika itu aku mempersiapkan bekal dengan keperluan untuk ke SMK ADA.

Aku pun mulai berangkat di antar oleh pamanku dan sesudah nya di SMK aku banyak bertemu dengan teman-teman dari seantero Indonesia dengan beragam keunikan ,cara berbahasa,logat,watak,,di situlah saya mulai berbaur dengan banyak teman-teman dari berbagai daerah dan saat itu mulailah acara MPLS ( masa pengenalan lingkungan sekolah) di situ banayak diadakan acara perlombaan dan pengenalan area sekitar sekolah dan dalam acara itu saya berhasil meraih juara 2 lomba puisi dan saat saya bersekolah di SMK ADA ( sekolah menengah kejuruan al-qur’an dan dakwah alam ) secang,magelang banyak menemukan hal-hal baru dulunya saya belum tahu pertama dalam usaha dakwah atau khuruj fisabilillah dan cara mengahafal al-qur'an praktis dan cepat seperti diadakan nya mukamal ,sabqi,sabaq,dll

Di SMK ADA saya ini banyak mengikuti organisasi dan ektrakulikuler seperti hadroh,pencak silat dll dan banyak di hadirkan juga event pada pada atau acara di setiap hari-hari nasionalm seperti 17 agustus dan sumpah pemuda serta acara lomba seperti lomba baca puisi,qiroah,drama,dan meraih juara 3 begitu asyik acara di SMK ADA begitu juga dengan adanya proses pembelajaran formal dan kejuruan nya serta progam menghafal al-qur'an dan juga di dakwah alam yang eksotis juga sebagai sarana kesadaran jiwa terhadap umat seluruh alam dan juga diri sendiri.

Alhamdulillah selama 3 tahun sudah banyak memperoleh hafalan dan ilmu serta pengalaman, kenangan susah maupun senang saya lewati.,lika-liku perputaran roda dalam perjalanan ku hadapi dengan kesabaran,ketenangan  dan juga  dukungan dari orang tua serta teman-teman dan juga para guru.

 

Harapan saya selanjutnya selepas saya lulus dari SMK ADA saya akan melanjutkan study saya ke perguruan tinggi negeri seperti di UIN,UNJ,UGM dll untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang luas dan juga agar mampu berkreasi dan bersaing dengan kemajuan peradaban dunia

“ perhatikan sejarah mu untuk hari esok mu”

Karena hari kemarin adalah sejarah ,hari ini adalah kenyataan dan hari esok adalah suatu impian jadikanlah kepribadian diri kita sejarah yang baik agar orang-orang dapat mengambil buah manfaat nya dari apa yang kita lakukan di dunia.

                    

 

 

Posting Komentar

Copyright © SMK ADA. Designed by OddThemes