KEIKHLASAN PENGANTAR KESUKSESAN

 



KEIKHLASAN PENGANTAR KESUKSESAN

Oleh : Muhammad Daniel

 

Assalamualaikum wr. wb.

            Perkenalan nama saya Muhammad Daniel berasal dari Provinsi Riau Kabupaten Kampar Desa bukit melintang. Kelahiran 19 Juli 2005 anak ke 2 dari 3 bersaudara pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman hidup saya awal pertama mondok di SMK ADA di daerah Jawa Tengah yang mana daerah ini sangat jauh dari rumah saya.

            Sebelum masuk SMK ADA saya adalah seorang pelajar negeri MTSN 1 Kampar yang mana sekolah ini adalah sekolah favorit di kota saya, karena di sekolah ini bidang agamanya agak banyak dari sekolah pada umumnya. Setiap hari sebelum belajar harus membaca Al-Quran minimal 3 surah pada juz 30 terus disetorkan kepada guru yang pertama kali masuk, itu salah satu contoh kelebihannya.

            Pada saat saya kelas 2 MTSN. Abang saya yang dari pondok pulang ke  rumah, setiap pulang ke rumah abang saya sering mengajak saya sholat ke masjid dan ketempat tempat majelis ta’lim yang acara sangat lama. Karena itu saya sangat tidak suka apabila abang saya datang ke rumah dan mengajak saya ke tempat yang ada majelis ta’lim atau sebagainya. Saat pulang ke rumah abang saya menawari untuk mondok di Jawa Tengah nanti apabila sudah selesai dari MTSN. Tetapi saya sering  menolak bahkan bersumpah  tidak akan pernah mondok, karena saya memang tidak suka dengan yang namanya Pondok Pesantren.

            Saat sudah kelas 3 MTSN saya ingin masuk di sekolah favorit yang saya mau yaitu MAN 1 Kampar. Sekolah yang paling bagus di kota maupun di tingkat kabupaten tapi sayangnya keinginan itu tertunda karena ada suatu virus yang melanda dunia, akibat virus ini semua sekolah di liburkan mulai dari SD hingga perguruan tinggi, saat melaksanakan UNBK ada kabar bahwa ujian tidak akan dilaksanakan bahkan sekolah pun mau di liburkan hingga 1 bulan. Karena virus corona yang mengganas. Akhir keputusan sekolah saya tidak ada UNBK maupun sekolah lainnya hingga lulus tanpa ada ujian sama sekali.

            Saat sudah lulus MTSN, saya ingin masuk sekolah favorit yang saya inginkan tersebut. Saat saya mendaftarkan diri ada salah satu anggota keluarga saya mengusulkan untuk sekolah di Jawa Tengah saja, karena di rumah, sekolah tidak seperti dulu lagi tapi saya membentah bahwa tidak akan mau sekolah di sana. Saat selesai mendaftarkan diri, dan Alhamdulillah saya  lolos tes dan di terima di sekolah favorit tersebut, hingga saya percaya bahwa saya tidak akan pernah sekolah di Jawa Tengah itu.

            Saya lulus dari MTSN akhir Maret 2020. Dan melanjutkan bulan Mei pertengahan, di sekolah favorit MAN 1 Kampar. Saat bulan puasa abang saya dari pondok pulang seperti biasa santri akan pulang saat pertengahan bulan puasa. Tapi kali ini abang saya liburnya sangat lama biasanya 1 bulan tapi sekarang sampai 3 bulan. Pas pertama kali pulang abang saya belum bicara tentang ingin mengajak saya untuk sekolah di Jawa Tengah tapi saat di bulan Juni, abang saya sudah sering ke rumah mengajak saya untuk melanjutkan Pendidikan SMK nya di Jawa aja. Dengan alasan sekolah di rumah tidak kayak seperti dulu lagi. Sekarang anak-anak lebih fokus ke hp dan itu membuat anak -anak bodoh. Karena main hp terus ,kalo anak nya pintar bagi waktu ,buat main hp ,sama belajarnya ya bisalah ,tapi kalo anaknya kayak saya sudah pasti belajarnya sedikit main hp nya banyak hingga lupa waktu.

                Akhir keputusan saya melanjutkan Pendidikan SMK nya di jawa tengah. karena berbagai keputusan, dari keluarga dan orang tua lebih memilih Pendidikan SMK saya di Jawa Tengah saja. Tapi saya di kasih 2 pilihan .kalo saya tetap sekolah di sini ayah saya bilang akan membelikan sepeda motor untuk sekolah nanti apabila sudah naik ke kelas 2, itu membuat saya bingung ,kalo sekolah di sini gak ada motor baru kalo sekolah di jawa gak suka mondok. Hari-hari berlalu 2 hari lagi abang saya akan pergi ke Pondok Pesantren lagi tapi saya belum pasti apa sekolah di sini apa di Jawa aja. Pada malamnya saya membulatkan pikiran bahwa saya akan  sekolah di Jawa aja. Dan pada pagi harinya saya ke rumah abang saya bahwa saya ikut ke Jawa dan sekolah di sana aja .

                  Saya berangkat ke Jawa Tengah hari Jumat dan sampai di Magelang Minggu malam. Pada hari pertama saya dan abang saya serta rombongan lainya ke ponduk dulu karena SMK masih tutup dan semua siswa yang datang dilarikan ke pondok. Setelah 1 minggu di Pondok saya sudah tidak betah dan meminta pulang ke abang saya dan saya ingin menelpon orang tua bahwa saya mau pulang karena tidak betah di sini. Besoknya saya nelpon ke orang tua saya dan bicara bahwa saya mau pindah,dan orang tua saya membolehkan pindah.saat saya sudah membulatkan pikiran untuk pulang ke rumah, subuhnya Pak Puji datang dan bicara kepada kami tentang orang yang pertama mondok itu memang susah dan memang tidak betah yang lain-lain, setelah berbicara dan di kasih nasehat hati saya seperti terbuka dan keinginan mondok itu ada dan membuat saya untuk tidak jadi pulang dan ingin sekolah di SMK ADA selama 3 tahun.

                     Saat sudah 2 minggu di Pondok saya nelpon lagi ke orang tua bahwa saya tidak jadi pindah.dan ingin sekolah di sini dengan sungguh -sungguh, orang tua saya pun bilang Alhamdulillah sekolah disana baik-baik dan jangan banyak tingkah karena di kampung belum ada orang mondok seusia saya dan itu membuat saya sepeti harus jadi orang yang awal membuka nama baik remaja di kampung halaman saya dan nama baik kampung.

                  Saya adalah Angkatan ke 4 SMK ADA. Pertama kali masuk kami berjumlah lebih kurang 80 orang karena saya dan teman-teman yang lainya adalah Angkatan CORONA .satu demi satu teman-teman saya yang lain ada yang pindah ada yang gak betah di SMK ADA ini. Waktu demi waktu sekarang saya sudah menginjak di kelas 3 aja. Sekarang Angkatan saya tinggal 43 orang yang mana tinggal separuh dari sebelumnya, memang orang yang mondok itu pilihan contohnya saya sendiri pas pertama masuk langsung minta pindah tapi Allah berkata lain menyuruh saya untuk mondok di SMK ADA ini dengan sungguh-sungguh dan selesai di SMK ADA ini kurang lebih 3 tahun dengan ikhlas.

1 PEBRUARI 2023 magelang

Posting Komentar

Copyright © SMK ADA. Designed by OddThemes