DIPAKSA BERTAHAN DEMI SEBUAH IMPIAN

 


DIPAKSA BERTAHAN DEMI SEBUAH IMPIAN

Karya Oleh : Muhammad Rifatul Maskhan

 

Ini adalah kisah saya ketika saya masih berada di bangku sampai akhirnya saya bisa masuk ke sekolah yang berbasis pesantren yaitu SMK AL-QUR’AN DAN DAKWAH ALAM, banyak lika-liku yang terjadi, banyak kisah yang saya alami mulai dari dulu seorang santri salaf yang tidak ada keniatan untuk menghafal Al-qur’an hingga akhirnya saya bisa selesai setoran 30 juz bil ghoib, sungguh Allah Swt yang maha membolak balikkan hati seorang manusia hanya dengan kuasaNya.

Pada waktu itu ketika saya masih kelas 6 MI,saya pernah ditanya sama orang tua saya , “Nang sesuk nek wes lulus MI arek lanjut nandi?” ( nak besok kalo udah lulus MI mau lanjut dimana? ), pada waktu itu saya tidak menjawab apa-apa karna masih bingung, terus datanglah bibi saya ngasih saran “Mending di SMPN Kota Magelang”, begitulah kata bibi saya, tapi karna agak jauh sekolahnya dari rumah, saya pun menolaknya. Akhirnya setelah saya berfikir panjang dan karna waktunya pendaftarannya udah dekat, saya pun memutuskan untuk mengikuti jejak abang saya yaitu sekolah di MTS dan mondok di Tegalrejo .

Pada saat pertama masuk sekolah saya tidak terlalu kaget karna abang saya sudah ngasih tahu tentang Mts dan saya pun juga tidak sendirian karna ada teman satu kampung yang juga ikut saya masuk MTS jadi tidak terlalu sepi lah, selama di MTS saya pernah terpilih menjadi pengurus OSIS dan saya juga pernah dapat rangking 1 karna saya lulusan MI jadi masih nyambunglah kalau masuk Mts sedangkan teman saya rata-rata lulusan SD jadi masih agak kaget kalau ketemu pelajaran agama seperti, Bahasa arab, Qur’an Hadist, dll.

Disamping saya sekolah di MTS saya juga mondok di PP.Nurul Maghfiroh Tegalrejo yaitu pondok yang berbasis salaf atau alim jadi waktu itu saya belum mengenal dan mengetahui apa itu dakwah, pada awal-awal masuk pondok saya hamper gak betah karna harus meninggalkan kedua orang tua , tapi karna teman saya yang setia yang selalu nyemangatin saya dan selalu ada di kala susah senang bahagia sedih , pernah pada suatu hari saya di tipu oleh semua teman saya bahwasannya ada teman saya yang jatuh dari lantai 2 pondok terus jatuh didekat kamar mandi maka saya pun langsung mendekat ke tempat kejadian tersebut dan benar saja teman saya sudah dalam keadan terlentang dan dalam kondisi mengenaskan tetapi ketika saya hendak menolongnya , teman saya yang lain langsung menyiram air ke saya , ada yang melempar lumpur ke saya, sampai ketika saya sudah basah kuyup mereka malah bersorak-sorak gembira dan ternyata semua itu adalah prank!! Karna pada hari itu bertepatan dengan hari ulang tahun saya, saya pun berkata dalam hati, “Pengen misah-misuh tapi ra apek” ( pengen berkata-kata kotor tapi gak baik ), yaudah akhirnya saya hanya bisa diam dan sabar.

Selama di pondok Tegalrejo saya pernah menghafal bait Alala sebanyak 30 bait beserta artinya dalam Bahasa Jawa yang menjelaskan tentang syarat mencari ilmu dan metode belajar saya juga pernah belajar kitab-kitab Fiqih seperti, kitab Safinatun Najah, Sulam Taufik dan kitab-kitab yang lain dan ada Bahasa Jawa pegon walaupun kadang-kadang ada yang salah maklumlah wong namanya juga masih dalam tahap belajar, saya juga sering pulang ketika masih mondok di Tegalrejo untuk mengambil uang dan mengambil keperluan lainnya , pernah pada suatu hari saya ketahuan pulang tanpa ijin sama pengurus pondok akhirnya saya ditakzir disuruh ceramah didepan semua santri.

Ketika saya sudah kelas 3 MTS saya masih bingung mau lanjut dimana, akhirnya ibu saya ngasih saran agar lanjut ke SMKnya abang saya dulu, terus saya berfikir dan berbicara dalam hati “Disana kan pondok dakwah santri-santrinya sering makai jubah sedangkan saya adalah santri salaf terus yo mosok aku arek podo podo meneh ro kakangku ra bosenn!( ya masak saya mau sama lagi kayak abangku gak bosen! )”, tapi karna abang saya pandai dalam mempromosikan sekolahannya, kata abangku, “Pokok e SMK kono apeklah”( pokoknya SMK sana baguslah ). Akhirnya setelah befikir panjang dan karna setelah dipaksa sama ibu saya dan abang saya, saya pun memutuskan untuk lanjut di sekolahnya abang saya dulu yaitu SMK AL-QUR’AN DAN DAKWAH ALAM walapun sebenarnya saya tidak mau dan harus menerimanya dengan berat hati tapi saya harus taatlah karna itu adalah kemauan dari ibu saya, jadi apabila kita taat kepada orang tua insyaallah hidup kita akan berkah karna RASULULLAH SAW pernah bersabda yang artinya:Ridho Allah ada pada ridho kedua orang tua dan kemurkaan allah ada pada kemurkaan kedua orang tua.(H.R Tirmidzi,Ibnu hibban,Hakim).Pada saat awal masuk saya gak betah karna saya harus menyesuaikan dengan lingkungan baru dan sayapun sendiri elum ada kenalan sama sekali di SMK, tapi gak lama saya sendiri datanglah abang kelas yang bang idul disitulah saya kenal petama kenal dengan siswa SMK, pada saat minggu pertama saya di SMK saya langsung nelpon abang saya untuk segera atang ke SMK, setelah beberapa hari kemudian akhirnya abang saya datang juga dan saya langsung ngungkapin semua isi hati saya bahwasannya saya tidak betah di SMK sini dan ingin keluar terus pindah ke pondok lain, terus kata abang saya.”nek sampean cen ra betah pengen bali njo bali wae melu aku, tapi sesok mbalek rene neh, ojo ngasi sampean metu seko SMK iki maneman, mesakke wong tuo”.(kalau kamu emang gak betah pengen pulang, ayo pulang aja ikut saya, tapi besok balek sini lagi, jangan sampai kamu keluar dari SMK sini, rugi kaian orang tua).disitulah abang saya nasihatin panjang lebar sampai gak terasa kalau makin gelap, akhirnya ketika abang saya mau pulang saya memutuskan untuk tetap di smk dan tidak ikut pulang walaupun rasanya masi tetap gak betah tapi semua itu saya tahan demi tujuan yang mulia, baru berapa hari kemudian saya ingin mencoba untuk kabur dari SMK bersama teman saya setelah sampai diluar pondok, saya berfikir lagi dan dalam hati.”sak umpomo aku bali nko wong tuo seneng ra yo”.(seandainya saya pulang nanti orang tua suka gak ya). setelah saya bermusyawarah dengan teman saya, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke smk walaupun dengan berat hati, semua itu harus tetap saya jalani karna sesungguhnya tidak ada proses yang mudah untuk hasil yang indah.

Hari demi hari sudah saya lewati, sedikit demi sedikit saya mulai betah di SMK walaupun aslinya banyak rintangan dan cobaan yang harus saya hadapi dan saya juga sudah mulai menghafal Al-Qur’an dan Alhamdulillah saya juga telah selesai setoran 30 juz atau khatam sughro selama kurang lebih 2 tahun 1 bulan dan menjadi orang pertama yang khatam di Angkatan saya dan saya sangat bahagia sekali karna semua perjuangan dan pengorbanan yang telah saya lewati akhirnya terbayarkan juga, orang tua saya pun bangga terhadap saya, karna yang dulu saya sering minta pindah pondok dan sekarang bisa menjadi hafidz Al-Qur’an 30 juz dan semoga nanti kedepannya bisa sima’an kubro aminn.Dan saya sangat bersyukur sekali bisa bertahan di SMK ini sampai kelas 3 karna banyak teman saya yang gugur dan menjadi angkatan paling sedikit selama di smk dan saya juga berterima kasih kepada seluruh guru-guru dan ustadz-ustadz SMK yang telah membimbing saya dan tak lupa kepada teman-teman saya yang selalu nyemangatin saya dan terkhusus kepada kedua orang tua saya yang telah mendidik saya dari lahir hingga saya bisa sukses sampai sekarang ini dan juga kepada abang saya yang selalu nganterin uang jajan ke saya atau kiriman. Mungkin ini saja yang bisa saya ceritakan masih banyak kekurangan dalam menulis saya mohon maaf dan teruntuk siswa SMK yang lain tetap semangat jangan sampai kalian berhenti tengah jalan .”Didorong dewasa oleh usia, dituntut kuat oleh keadaan, dan dipaksa bertahan untuk tujuan dan impian”.END                                                        

             

 

Posting Komentar

Copyright © SMK ADA. Designed by OddThemes